Mengoptimalkan Fungsi Kognisi Melalui Pembelajaran Yang Menyenangkan

Pembelajaran yang menyenangkan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang digagas sebagai solusi cerdas untuk mengoptimalkan fungsi kognisi siswa dalam praksis pembelajaran di sekolah. Kognisi adalah suatu proses dimana siswa melakukan aksesing informasi, mengolah dan menyimpan dalam ingatan (memori) serta menggunakannya dalam berbagai aktivitas belajar. Pembelajaran yang menyenangkan dilakukan melalui tiga tahap: yaitu tahap perencanaan, dimana guru melakukan sejumlah persiapan yang harus dipenuhi sebelum menyelenggarakan pembelajaran di dalam kelas; tahap pelaksanaan, dimana guru menyelenggarakan pembelajaran di sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang menyenangkan; dan tahap evaluasi akhir, dimana guru melakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas penyelenggaraan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan yang mencakup evaluasi proses dan evaluasi hasil belajar.

Wahana

Volume 55, Nomor 2, Desember 2010

ISSN: 0853-4403

Silakan Klik DI SINI Untuk Mengunduh

About Bimbingan dan Konseling

Dosen Bimbingan Konseling UNIPA Surabaya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: